Sabtu, 06 Maret 2010

Audio “Firqoh-firqoh Sesat di dalam Islam”oleh Al-Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat

Segelintir orang awam beranggapan bahwa sikap tegas kepada kebid’ahan dan para pelakunya merupakan cara dakwah yang arogan dan hanya menimbulkan kekacauan di tengah masyarakat sehingga mereka sangat apriori terhadap seluruh sikap tegas dan penjatuhan sanksi, mereka beranggapan bahwa dakwah yang bernuansa sejuk dan damai lebih efektif dan mengena.

Hal ini adalah benar, hukum asal, dakwah dan nasehat adalah dilakukan diatas hikmah dan lembut hal sesuai dengan perintah Alloh Azza wa Jalla dan Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam. Namun ketika kata-kata lembut sudah tidak bermanfaat lagi sementara penyimpangan dan kesesatan terus ditebarkan ketengah umat yang masih awam sehingga semakin banyak korban yang termakan kesesatannya maka dengan sikap lemah lembut saja tidakalah cukup, sebab tidak semua kejahatan cukup diatasi dengan pendekatan persuasif, bahkan bersikap keras terhadap penyimpangan dan orang-orang yang menyebarkan penyimpang juga diperintahkan oleh Alloh Azza wa Jalla dan Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam .

Bersikap adil dan menempuh jalan tengah adalah prinsip terbaik, sebab ketika sikap lembut dianggap lebih bermaslahat dan mengena pada target dakwah maka sikap lembut sangat dianjurkan, namun bila sikap tegas bahkan penjatuhan sanksi dan hukuman lebih mengena sasaran dakwah dan bermanfaat bagi ummat maka tindakan ini juga sangat dianjurkan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah -rahimahullah- berkata ,

” Seorang mu’min terhadap mu’min lainnya bagaikan kedua tangan, salah satu mencuci tangan yang lain, namun bisa saja kotoran ( yang melekat ditangan) tidak bisa hilang kecuali dengan bentuk cara (pembersihan) yang keras/kasar. Namun (cara keras/kasar seperti) itu benar-benar mendatangkan kebersihan dan kehalusan (pada tangan) yang membuat kita memuji cara yang kasar tersebut.” [ lihat : Majmu' Fatawa XXvIII/53-54].

Membantah berbagai pemikiran sesat merupakan Manhaj/metode Ahlus Sunnah yang telah dicontohkan oleh Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam , para Shohabat, Tabiin, Tabiut Tabiin dan para ulama yang megikuti mereka dengan benar. hal ini terbukti dengan betapa banyak hadits Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam , atsar Shohabat, tabiin, Tabiut Tabiin, dan kitab-kitab ulama yang membantah pemikiran-pemikiran sesat yang berbahaya bagi ummat.

Berikut adalah rekaman tabligh akbar yang di sampaikan oleh Al-Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat dengan tema “Firqoh-firqoh Sesat di dalam Islam” merujuk pada kitab beliau dengan judul yang sama. Bertempat di Masjid Raya At-Taqwa Perumahan Bumi Bekasi Baru, Jembatan 11 Rawa Lumbu, 24 Februari 2008 (2 tahun silam).

Link download: http://moslemsunnah.wordpress.com/2010/02/21/download-audio-firqoh-firqoh-sesat-di-dalam-islam-ustadz-abdul-hakim-amir-abdat/

0 komentar:

Posting Komentar