Senin, 08 Maret 2010

Ciri Fisik Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

بسم الله الرحمن الرحيم


Marilah kita layangkan perhatian kepada sahabat yang melihat langsung Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, ia akan menceritakannya kepada kita seolah-olah kita melihat beliau Shallallahu 'alaihi wasallam. Agar kita dapat mengenal ciri fisik beliau yang mulia serta wajah beliau yang penuh senyum.

Ad-Darimi dan al-Baihaqi mentakhrij bahwa Jabir bin Samurah ' radhiyallah 'anhu berkata, "Aku melihat Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. pada malam bulan purnama, dan ketika aku bandingkan antara wajah Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. dan indahnya bulan, saya dapati wajah Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. lebih indah dibandingkan rembulan".

Bukhari-Muslim meriwayatkan Al-Bara' bin 'Azib radhiyallah 'anhu menuturkan: "Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam adalah seorang yang sangat tampan wajahnya, sangat luhur budi pekertinya, beliau tidak terlalu jangkung dan tidak pula terlalu pendek".

Bukhari-Muslim meriwayatkan masih dari Al Bara' radhiyallah 'anhu ia berkata: "Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam memiliki dada yang bidang dan lebar, beliau Shalallaahu alaihi wasalam memiliki rambut yang terurai sampai ke cuping telinga (bagian bawah telinga), saya pernah menyaksikan beliau mengenakan pakaian berwarna merah, belum pernah saya melihat sesuatu yang lebih indah daripada itu".

Muslim meriwayatkan dari Abu Thufail ' radhiyallah 'anhu bahwa ia pernah diminta untuk menceritakan tentang Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. kepada kami, kemudian ia menjawab, "Beliau memiliki wajah yang putih dan berseri".

Bukhari meriwayatkan bahwa Abu Hurairah 'radhiyallah 'anhu berkata,
"Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. memiliki dua kaki yang kokoh dan tegap, dan wajah yang indah, yang belum pernah kutemukan wajah seindah itu sebelumnya".

At-Tirmidzi dan al-Baihaqi meriwayatkan bahwa Abu Hurairah 'radhiyallah 'anhu. berkata, "Aku tidak pernah melihat sesuatu yang lebih indah dari Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. Seakan-akan mentari bersinar dari wajah beliau. Aku tidak pernah dapati seseorang yang lebih cepat jalannya dibandingkan beliau, seakan-akan bumi melipat sendiri tubuhnya saat beliau berjalan. Ketika aku ikut berjihad, aku lihat beliau tidak pernah berlindung di balik perisai".

Abu Musa Madini meriwayatkan dalam kitab ash-Shahabah bahwa Amad bin Abad al-Hadhrami berkata, “Aku melihat Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam, dan tidak pernah melihat wajah seindah itu sebelumnya maupun sesudahnya".

Bukhari meriwayatkan bahwa Abu Ishaq As-Sabi'i berkata:
"Seseorang pernah bertanya kepada Al-Bara' bin 'Azib radhiyallah 'anhu: "Apakah wajah Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam lancip seperti sebilah pedang?" ia menjawab: "Tidak, bahkan bulat bagaikan rembulan!".

Ad-Darimi meriwayatkan bahwa Ibnu Umar berkata,
"Aku tidak pernah temukan orangyang lebih berani, dermawan, dan lebih bersinar wajahnya, dibandingkan Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam".

Ahmad dan Baihaqi meriwayatkan bahwa Mahrasy Kahti berkata,
"Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. mengambil umrah dari jiranah, pada malam hari. Dan, ketika saya melihat bagian belakang tubuh beliau, saya seperti melihat perak yang menyala".

Abdullah bin Imam Ahmad serta al-Baihaqi meriwayatkan bahwa Ali 'radhiyallah 'anhu. berkata, "Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. bukanlah orang yang tubuhnya tinggi menjulang. Jika berjalan bersama rombongan, beliau tampak menonjol. Wajahnya putih, kepalanya besar, alis matanya panjang dan hitam, dan jika ada keringat yang menetes dari wajah beliau, akan tampak seperti mutiara. Aku tidak pernah melihat wajah seindah wajah beliau, sebelumnya, atau setelahnya".

Deskripsi tentang Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. yang diberikan oleh Hindun bin Abi Halah, "Tubuh Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. menampakkan pribadi yang agung. Wajahnya bersinar seperti bulan purnama. Kepalanya besar. Rambutnya keras. Kuliatnya putih ke-merahan. Keningnya luas. Alisnya tebal. Jika marah, keningnya meneteskan keringat. Hidungnya mancung. Tubuhnya diliputi cahaya. Orang yang tidak memperhatikan dengan saksama
menyangkanya amat tinggi. Jenggotnya tebal. Matanya hitam. Kedua pipinya tirus. Mulutnya lebar. Giginya indah. Memiliki bulu halus di atas perut. Lehernya amat halus. Tubuhnya sedang. Sedikit gemuk dan tegap, dengan perut dan dada yang seimbang. Dadanya bidang. Kedua pergelangan tangannya panjang. Telapak tangannya luas. Kedua kaki dan tangannya kekar. Jari-jarinya panjang. Jalannya tegap, seperti sedang turun dari ketinggian. Jika menoleh, dengan seluruh tubuhnya. Pandangannya selalu tertunduk ke tanah, dan jarang sekali mendongakkan matanya ke langit...."
Jika Rasulullah menyentuh seseorang, orang itu akan merasakan ketenangan yang mengagumkan, dan perasaan ketinggian ruhani yang menakjubkan.

Ahmad meriwayatkan bahwa Sa’d bin Abi Waqqash berkata,
"Suatu ketika akujatuh sakit di Mekah. Kemudian Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. menjenguk, meietakkan tangan beliau di kening, dan mengusap wajah, dada, serta perutku. Hingga saat ini, aku masih merasakan sentuhan tangan beliau dijantung".

Muslim meriwayatkan bahwa Jabir bin Samurah berkata,
"Suatu ketika Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. mengusap mukaku dengan tangannya. Aku dapati tangan beliau demikian sejuknya dan berbau wangi. Seakan-akan tangan tersebut baru dikeluarkan dari kantong kesturi".

Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa Anas radhiyallah 'anhu. berkata,
"Aku belum pernah menemui sutra maupun beludru yang lebih lembut dari tangan Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. Dan, belum pernah mencium bau misik atau minyak anbar yang lebih harum dari Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam.”

At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Abdullah bin Salam berkata,
"Ketika Nabi Shalallaahu alaihi wasalam. datang ke Madinah, aku menemui beliau. Ketika aku melihat wajah beliau, aku segera mengetahui bahwa wajah beliau bukan wajah seorang pendusta".

Abu Ramtsah Tamimi berkata, "Aku mendatangi Nabi Shalallaahu alaihi wasalam bersama anakku. Ketika aku melihat beliau, hatiku langsung
berkata, ‘Orang ini pastilah nabi Allah."

Abdullah bin Rawahah berkata tentang Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam, "Seandainya tidak ada ayat-ayat penjelas pun, yang menerangkan beliau sebagai rasul, niscaya penampilan dan tubuh beliau sudah cukup menjadi keterangan itu".

Bukhari meriwayatkan bahwa Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallah 'anhu mengatakan: "Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam itu lebih pemalu daripada gadis dalam pingitan. Jika beliau tidak menyukai sesuatu, niscaya kami dapat mengetahui ketidak sukaan beliau itu dari wajahnya."

Ini adalah sebagian riwayatyang menjelaskan tentang fisik Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam yang dapat saya sampaikan disini. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menyempurnakan jasmani dan budi pekerti beliau Shalallaahu alaihi wasalam.

0 komentar:

Posting Komentar